Pada musim hujan ini hampir seluruh wilayah di indonesia diguyur oleh hujan. Membuat jalanan yang basah dan berlumpur sehingga membuat para pengguna sepeda motor sering bersih-bersih motor. Kegiatan bersih bersih motor sangatlah penting dan bukan hanya sekedar motor terlihat kinclong, namun juga untuk menghindari celaka. Apa alasannya?

Sebab, kotoran yang mengendap dan menjadi karat yang akan merusak kinerja beberapa onderdil dan komponen motor. Salah satunya yaitu per dan rem belakang yang khususnya masih menggunakan rem tromol.

Jika kotoran dan lumpur menumpuk lama maka kinerja mekanisnya tidak akan maksimal. Begitu tuas rem ditekan kemudian dilepas, acapkali rem tetap mengunci dan yang seperti inilah yang bisa membuat celaka pengemudi motor.

Pernah ada kasus dimana roda belakang motor tiba-tiba mengunci dan tidak bisa diputar, setelah diperiksa kabel rem masih normal. Belakangan ditemukan akibat kenapa roda belakang itu mengunci karena rem tidak bisa balik akibat tertahan lumpur yang telah mengeras.

Oleh sebab itu, bagi para pengguna motor di musim hujan ini sering membersihkan motornya terutama di bagian yang vital dari motor, contohnya rem. Meskipun hal tersebut terlihat sepele namun mampu berakibat fatal. Cara membersihkannya cukup mudah kok. Cukup kalian bersihkan dengan sikat dan bensin, jika sudah tampak bersih lumuri sedikit oli atau sejenis minyak khusus untuk rem pada rem kalian agar menhindari pengkaratan dan kotoran.

Sumber : hernanda-nugroho.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s