Pada umumnya jenis velg motor hanya ada dua, biasanya disebut dengan velg jari-jari dan velg racing atau palang.

Pemakaian velg yang pas dengan genre kendaraan juga bisa membuat manis tampilan motor tersebut. Tapi velg pun juga perlu mendapat perawatan agar tetap awet dan mempunyai umur pakai yang lama.

Berikut tips merawat velg motor.

1. Bersihkan velg secara rutin. Ini bisa mengurangi kotoran yang menempel pada velg sehingga terhindar dari penyakit karat.

2. Jaga tekanan udara ban. Tekana udara ban sangat berpengaruh terhadap fungsi dan keawetan velg. Ban dengan tekanan udara kecil bisa merusak velg karena adanya benturan dengan jalan yang berlubang.

3. Gunakan alat dan bahan yang tepat saat mengganti ban. Apalagi ketika terjadi ban bocor. Sebisa mungkin memilih tambal ban yang menggunakan alat pembongkaran ban dengan Tire Changer Machine yang bisa mengurangi resiko kerusakan pada velg motor.

4. Gunakan velg yang sesuai dengan ukuran ban. Ban yang lebih besar dari velg dapat mengurangi keseimbangan putaran roda.

5. Gunakan velg standart yang sesuai dengan jenis kendaraan. Velg keluaran pabrik akan jauh lebih aman karena sudah melalui uji kelayakan. Atau jika membeli di toko, jangan membeli velg berbahan magg allog veg, karena unsur magnesiumnya dapat menyebabkan kebakaran.

6. Hindari lubang di jalan. Sering kalinya roda menghantam lubang di jalan bisa merusak velg.

Sumber : motor.sportku.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s