Valentino Rossi harus menunggu sampai bulan Februari 2013 untuk mendapatkan momen terbaik mengetes Yamaha YZR-M1 1.000 cc. Pasalnya, dua hari uji coba pasca-musim yang berlangsung di Valencia dan Aragon tak berjalan sesuai harapan, akibat cuaca yang sangat tidak bersahabat.

Ya, pada hari pertama yang berlangsung di Valencia, Selasa (13/11/2012), Rossi tetap tampil dalam kondisi trek basah dan dia berhasil menyelesaikan 28 lap. Ingin mencari kondisi yang lebih baik, Yamaha memutuskan agar Rossi dan Jorge Lorenzo pindah ke Sirkuit Aragon, dengan harapan cuaca di sana lebih baik dibandingkan dengan Valencia pada hari kedua, Rabu (14/11).

Ternyata, faktanya berbicara lain. Ketika Rossi akan turun ke trek, hujan justru datang, yang membuat juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut membatalkan rencana untuk melanjutkan uji coba. Tentu saja Rossi, yang kembali bergabung dengan Yamaha setelah mengalami dua musim terburuk sepanjang kariernya bersama Ducati, cukup kecewa dengan kenyataan yang harus dihadapi.

“Kemarin (Selasa) saya bisa menyelesaikan 30 lap di lintasan basah dan rasanya bagus. Bagus karena sudah kembali, dan rasa dengan motor pun bagus,” ujar Rossi kepada MotoGP.com, seperti dikutip dari Crash.net, Kamis (15/11/2012).

“Tetapi Yamaha memutuskan untuk pindah ke sini (Aragon), karena berdasarkan prakiraan, cuacanya bakal lebih baik. Sayang, ternyata tidak.

“Ini sangat penting bagi Yamaha untuk menyelesaikan sejumlah lap di lintasan kering guna memahami dua atau tiga hal untuk motor tahun depan.

“Tetapi di Aragon juga tak memungkinkan. Sekarang kami harus menunggu sampai Februari (saat uji coba pra-musim di Sepang).”

Hanya Yamaha yang memutuskan untuk pindah ke Aragon pada hari terakhir uji coba pasca-musim. Sejumlah tim lainnya bertahan di Valencia, dan mereka bisa mendapatkan momen selama beberapa jam untuk mencoba trek dalam kondisi kering di sore hari.

 

Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s