Langkah Kerja Pemeriksaan Dan Penyetelan Celah Busi :

– Buka busi dengan menggunakan kunci busi

– Bersihkan busi dengan mempergunakan sikat kawat dan cuci dengan bensin bila perlu, kemungkinan ada kerak karbon pada elektroda busi.

– Setelah kondisi busi bersih, setel celah busi dengan menggunakan alat ukur feeler gauge dengan ukuran antara 0,3 – 0,7 mm.

– Periksa keadaan insulatornya, ganti busi jika rusak atau retak.


Langkah Kerja Pemeriksaan Kondisi Api Busi :

– Busi yang sudah bersih kondisinya, periksa dan setel celahnya, kemudian hubungkan dengan kepala ujung kabel busi.

– Tempelkan busi pada kepala silinder.

– Kunci kontak posisi ON, dan kick starter diinjak sambil memperhatikan warna dan bersarnya bunga api yang keluar dari busi.

– Bila warna apinya biru dan besar, maka berarti busi dalam keadaan baik. Namun jika warna apinya terlihat kemerah-merahan dan kecil, berarti busi sudah tidak baik dan perlu segera diganti dengan busi yang baru.

– Setelah selesai, pasang kembali busi pada tempatnya.

 

Sumber : infopendidikankita.blogspot.com

2 responses »

  1. Cooltech says:

    info yang berguna gan,lagi cari info pemeriksaan busi dan juga Daftar tabel busi standar, platinum dan iridium pada motor honda, iridium, platinum, standar , busi motor,Absolut revo, astrea impressa, Astrea,dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s