Akhirnya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) buka mulut perihal rencananya meluncurkan Yamaha New V-Ixion Lightning secara resmi. Sebelumnya motor sport andalan Yamaha ini hanya dipamerkan di Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012.

Tapi besok, pada hari Sabtu 15 Desember 2012, New V-Ixion akan secara resmi dilaunching. Yamaha memilih lokasinya di Bandung, bukan di Jakarta. Rencananya akan ada acara press conference, city turing dan public launching besar-besaran.

Selain kegiatan peluncuran ini, Yamaha juga dikabarkan akan menghadirkan dua tipe New V-Ixion. Ada yang dilengkapi dengan kick starter dan tanpa kick starter seperti yang dipamerkan di JMCS 2012 lalu.

Perbedaan harga keduanya juga tidak terlalu banyak. Varian ber-kick starter hanya akan lebih mahal sekitar Rp 300 ribuan dari versi non kick starter yang bakal dilepas dikisaran harga Rp 22,3 jutaan. Cuma terpaut sedikit dari harga V-Ixion lama yang dilepas Rp 21,7 juta on the road Jakarta.

Peningkatan harga ini masih sangat ideal. Mengingat banyak sekali perubahan bila dibandingkan dengan model terdahulu. Bodinya semua baru, begitu juga dengan kaki-kakinya yang kini lebih kekar. Pelek lebar dan ban Dunlop jadi suguhan.

Pelek depan pakai ukuran lebar 2,15 inci dengan ban 90/80-17. Sedang yang belakang peleknya lebar 3,5 inci dikawal ban 120/80-17.

Mesinnya memang tetap mengusung spesifikasi yang tidak jauh beda dengan V-Ixion lama, tapi beberapa perubahan membuatnya jadi lebih bertenaga. Mesinnya tetap SOHC 4 klep berpendingin cair dan memiliki 5 percepatan transmisi. Yang berbeda adalah sistem injeksi yang total baru

Motor yang tetap menggunakan diasil cylinder dan forged piston ini diklaim tenaganya jadi lebih besar. Jika V-Ixion lama tenaganya hanya 15,09 PS, sedang yang baru meningkat jadi 16,59 PS di 8.500 rpm.

Waktu peluncuran ini dipastikan tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan sang kompetitior Honda CB150R yang memilih tanggal 12 bulan 12 tahun 2012. Di tanggal tersebut, Honda juga akan mengumumkan harga jual motor andalannya.

Layak dinanti!

 

Sumber : motorplus.otomotifnet.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s