image

Apa itu CVT ?

CVT (Continuous Variable Transmission)  merupakan penyalur tenaga dari mesin menuju roda belakang pada motor matic. Secara sederhana CVT terdiri atas pulley primer, van belt dan pulley sekunder. Di dalam sistem kerja 3 komponen CVT tadi tidak boleh terkena oli, minyak atau air karena bisa menyebabkan selip.

Karena merupakan komponen bergerak maka pelumasan menjadi sangat penting dan pelumasannya tidak menggunakan oli tapi menggunakan Grease / stempet khusus. Pada perawatan CVT maka akan dicek juga seal pulley, karena seal ini sangat penting peranannya menjaga grease tetap melumasi saft dalam pulley. Jika seal bocor maka saft akan kering dan terancam korosi atau bahkan aus/ patah.

Biasanya komponen yang terserang adalah saft aus, selubung saft retak / berlubang dan slot untuk roller / ball coak, jika sudah seperti ini maka gerakan pulley akan goyang dan pulley bekerja ekstra berat untuk mengembang, ujungnya akan berpengaruh pada penurunan kinerja CVT yang tentunya akan memerlukan ongkos perbaikan dan penggantian sparepart yang mahal.

Pengecekan CVT ini cukup mudah seperti terpampang pada gambar diatas, yaitu sedang proses pengecekan dan membersihkan CVT pada bengkel Citta yang terletak di Jl. Kopo no. 436 Bandung. 

Mengingat fungsinya yang sangat penting, alangkah baiknya mengecek CVT secara teratur setiap 8.000 km agar setiap komponen CVT terawat dengan baik.

Hal ini berguna agar kerusakan komponen CVT dapat diminimalisir secara optimal, selain itu hindari genangan air yang dalam saat mengendarai motor matic. Biayanya sangat terjangkau hanya Rp. 15.000,- saja dengan garansi servis selama 1 minggu, bahkan untuk spare parts bergaransi hingga 1 bulan.

Sesuai dengan motto bengkel kami “Harga Murah Dan Berkualitas”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s