Kalau melihat warna asap putih masalah motor bisa ditebak. “Asap putih terjadi apabila terdapat pelumas atau oli mesin yang terbakar,” jelas Bang Jay alias Zaenudin dari Eka Jaya Motor di Poris Paradis, Tangerang.

Oli mesin masuk ke ruang bakar disebabkan beberap faktor. Pertama, bisa jadi akibat seher dan boring sudah oblak banget. Membuat oli tidak bisa tersapu ring seher. Akibatnya oli ikut terbakar. Solusinya harus oversize, atau ganti seher yang lebih besar.

Atau bisa juga karena ring seher yang sudah lemas atau loyo. Membuat daya tekan ke silinder sudah tidak maksimal. Oli mesin di dinding liner bisa tidak tersapu bersih oleh ring.
Asap putih dari moncong knalpot, bisa juga akibat sil klep sudah loyo atau mengeras. Dampaknya oli nyelonong ke ruang bakar batang lewat klep. Akhirnya oli ikut terbakar dan berkurang kapasitasnya.

Sumber : motorplus.otomotifnet.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s