Klakson merupakan salah satu komponen vital sebuah kendaraan. Meskipun tidak berpngaruh langsung saat berkendara, tetapi keberadaan dan fungsinya sangatlah penting. Klakson berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lain di sekitar. Seperti meminta sedikit ruang, atau sebagai peringatan jika ingin mendahului pengendara lain.

Bayangkan jika Anda sedang terburu-buru di jalan yang padat dengan motor tanpa klakson, pasti akan sangat menjengkelkan ketika tidak ada klakson untuk memberi tanda kepada pengendara lain. Sayangnya, kondisi klakson sering kali disepelekan. Banyak motor yang tidak memiliki klakson yang bekerja dengan baik.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah dengan klakson motor, berikut Malezones berikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki klakson Anda. Tips-tips berikut adalah panduan sederhana yang tentunya bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus mengeluarkan uang di bengkel.

Gunakan cairan anti karat

Klakson motor sering kali mengalami masalah karena korosi pada besi atau kawat motor yang menghambat hantaran aliran listrik. Selain itu korosi juga bisa terjadi pada tuas tombol klakson. Bagaimana mengatasinya?

Anda dapat mengatasinya dengan menyemprotkan cairan anti karat pada bagian-bagian tersebut. Kemudian mainkan tombol klakson Anda supaya cairan tersebut meresap dan membersihkan sampai ke bagian dalam.

Periksa soket kabel

Bila carian anti karat belum juga mengatasi masalah klakson Anda, cobalah periksa sambungan soket pada jaringan kabel tersebut. Kemungkin ada bagian yang terputus. Untuk memeriksanya Anda dapat menggunakan test-pen untuk mengetahui adakah arus listrik di dalamnya atau tidak.

Periksa juga sistem listik motor Anda secara menyeluruh, bisa saja masalah klakson berawal dari absennya listrik dari aki sehingga tidak ada daya untuk membunyikan klakson.

Bersihkan soket bodi klakson

Jika klakson motor Anda masih bermasalah juga, cobalah untuk membersihkan soket pada bodi klaskon. Soket tersbut berada di bagian bawah klaskon itu sendiri. Anda dapat membersihkannya dengan menggosokan amplas khusus untuk besei. Jangan gunakan sembarang amplas.

Pilihlah jenis amplas yhang paling halus. Membersihkan soket dilakukan dengan tujuan membersihkan lapisan karat yang biasanya menyelimuti soket. Setelah dibersihkan biasanya lapisan besi bisa kembali berfungsi dengan baik.

Sumber : malezones.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s