Dengan banyaknya jenis motor saat ini, mungkin banyak dari anda yang bingung memilih motor untuk aktifitas sehari hari.

Di artikel ini kita akan coba membantu anda memilih dengan membagi motor menjadi 3 kategori dasar yaitu motor bebek, motor matic dan motor sport.

Perbedaan Pada Bodi

Perbedaan mendasar yang terdapat pada ketiga jenis motor di atas sebenarnya lebih terletak pada bodi dan transmisinya. Seperti yang Anda ketahui, motor matic memiliki desain bodi yang lebih kecil (pendek) dan ringan dari kedua jenis motor lainnya, disusul dengan motor bebek, dan motor sport yang umumnya memiliki bodi yang lebih besar dan berat.

Berat bodi yang ringan ini membuat kaum perempuan lebih memilih motor matic sebagai pilihan dibanding motor lainnya. Lain halnya dengan kaum pria yang banyak menyukai motor sport karena bentuknya yang lebih kekar dan macho.

Perbedaan Pada Posisi Tangki Bensin

Posisi tangki bensin pada motor sport berbeda dengan kedua jenis motor lainnya. Jika pada motor matic dan motor bebek tangki bensinnya berada di bawah jok pengendara, tangki bensin pada motor sport lebih terlihat menonjol di bagian depan jok.

Perbedaan Pada Transmisi

Perbedaan lainnya terletak dari segi transmisinya. Jika pada motor bebek dan motor sport Anda masih menggunakan transmisi manual untuk mengoper “gigi” atau gear, pada motor matic semua transmisinya diproses secara otomatis. Anda cukup menarik tuas gas dan tuas rem untuk menjalankan motor matic Anda.

Jika dilihat dari tipe transmisi yang digunakan, motor matic cenderung memudahkan Anda dalam berkendara. Sistem penggerak roda yang berjalan secara otomatis atau biasa disebut dengan Continuously Variable Transmission (CVT) akan menyebabkan perpindahan gear tanpa perlu dipicu secara manual.

Hasilnya, Anda cukup menarik tuas gas secara berkala dan motor matic Anda yang mengatur tenaga mesin yang akan dihasilkan. Berbeda dengan motor matic, motor bebek memiliki tipe transmisi manual yang mengharuskan Anda untuk mengatur perpindahan gear ketika ingin menambah atau mengurangi tenaga mesin motor.

Lain halnya lagi dengan motor sport yang umumnya dilengkapi dengan tuas kopling di samping menggunakan transmisi manual. Kopling ini nantinya akan memberikan kebebasan pada Anda untuk mengatur perpindahan gear secara lebih halus daripada hanya mengandalkan sistem perpindahan gear yang terdapat pada motor bebek.

Perbedaan Pada Pengereman

Hal lain yang menjadi pembeda antara motor matic dengan kedua jenis motor lainnya adalah keberadaan rem mesin. Hal ini akan terasa apabila motor Anda berada di jalanan yang menurun. Motor matic akan terasa seperti meluncur karena rem yang digunakan hanya berupa rem manual yang melekat pada ban.

Pada motor bebek dan motor sport, proses pengereman akan terasa lebih ringan dan efektif karena dibantu dengan adanya rem mesin.

Perbedaan Pada Biaya Perawatan

Untuk biaya perawatannya, motor sport masih relatif menempati peringkat pertama untuk biaya spare part termahal disusul oleh motor matic yang memiliki komposisi mesin yang lebih tertutup bila dibandingkan dengan motor bebek.

Apabila terjadi kerusakan, motor matic akan lebih sulit untuk dideteksi dan tentunya biaya perawatan dan perbaikannya akan lebih mahal daripada motor bebek.

Selain itu, Durabilitas (ketahanan) motor matic pasca perbaikan cenderung lebih pendek daripada motor bebek, sehingga efek samping dari perbaikan motor akan cepat terasa pada motor matic dibanding motor bebek.

Perbedaan Pada Konsumsi BBM

Beralih ke konsumsi bahan bakar dari tiap jenis motor di atas; motor bebek masih yang terbaik dari segi efisiensi bahan bakar.

Sebagai contoh, Honda Vario Techno 125 dengan mesin berkapasitas 125 cc (matic) dapat menempuh jarak hingga 52,1 km untuk setiap liter bensin yang digunakan.

Honda Supra X 125 PGM-FI 125 cc (bebek) dapat menempuh jarak hingga 86 km, sedangkan Honda New Mega Pro 150 cc (sport) dapat menempuh jarak hingga 56.1 km.

Sekilas memang terbukti bahwa motor bebek lebih hemat BBM. Motor matic akan terlihat sangat boros terutama ketika digunakan pada jalan yang menanjak karena perputaran gear yang terjadi berlangsung secara otomatis, jadi akan terkesan seperti menarik mesin secara paksa.

Beda halnya dengan motor bebek yang apabila tarikan mesinnya terasa berkurang, Anda dapat mentransmisi gear motor Anda ke posisi yang lebih rendah. Hal ini akan menjaga perputaran gear tetap lancar tanpa harus memaksakan tarikan mesin motor Anda. Sedangkan pada motor sport, meskipun sudah dibantu dengan transmisi dan kopling manual, bodi motor yang cenderung lebih besar dan berat pada akhirnya juga akan menguras konsumsi bahan bakar.

Perbedaan Pada Harga

Dari segi harga, dapat Anda lihat bahwa motor bebek masih menjadi pilihan dengan harga yang lebih murah dari kedua jenis motor lainnya, disusul dengan motor matic dan motor sport. Namun, hal ini juga masih bisa dikatakan relatif karena motor bebek masih dapat dibagi menjadi dua jenis:

  • Bebek Konvensional (Lower Underbone) yakni kelas motor bebek yang hanya digunakan untuk kebutuhan transportasi saja. Contoh motor Honda tipe ini adalah Honda Revo FI.
  • Bebek Super (Hyper Underbone) yakni kelas motor bebek dengan tambahan fitur atau teknologi lain yang menunjang performanya. Contoh motor Honda tipe ini adalah Honda Supra X.

Umumnya motor bebek berjenis Hyper Underbone memiliki harga yang lebih mahal dari motor bebek konvensional. Wajar saja apabila pemasaran motor dengan kelas Lower Underbone masih menjadi pilihan utama pengguna sepeda motor di Indonesia, meskipun saat ini sudah ada beberapa pengguna yang lebih mengutamakan desain dan performa dari motor bebek Hyper Underbone.

Kesimpulan

Berikut adalah tabel perbedaan dasar dari motor bebek, motor matic dan motor sport.

Aspek Motor Bebek Motor Matik Motor Sport
Bodi Standar Lebih ringan Lebih berat
Tangki bensin Dibawah Dibawah Didepan
Harga Rp. 12 – 17 juta Rp. 13 juta keatas Rp. 19 juta keatas
Transmisi Manual Otomatis Manual
Kopling manual Ada Tidak ada Ada
Rem mesin Ada Tidak ada Ada
Konsumsi BBM Lebih hemat Lebih boros Paling boros
Biaya perawatan Lebih murah Lebih mahal Paling mahal

Kesimpulannya, motor matic akan lebih cocok digunakan pada Anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dan fleksibilitas dalam berkendara. Motor bebek lebih difokuskan kepada fiturnya yang lebih hemat bahan bakar dan dapat digunakan untuk segala aspek kegiatan dasar sehari-hari.

Sedangkan motor sport akan lebih seimbang apabila Anda tipe pengendara yang mengandalkan tarikan mesin yang lebih optimal dan desain bodi yang lebih besar dan padat.

Sumber : hondacengkareng.com

http://cara-buat-website.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s