Pada motor matic atau transmisi otomatis, percepatan dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan perubahan diameter pada pulley depan dan belakang. Hal yang sama dapat kita temui pada sepeda yang bisa diatur kecepatanya. Saat gigi depan dipasang pada gear paling kecil maka moment untuk mengayuh sepeda menjadi lebih ringan.
Nah pada motor matic perpindahan seperti itu dilakukan secara otomatis. Pada puley belakang memanfaatkan pegas, jadi semakin berat putaran maka diameternya akan semakin kecil karena kekuatan pegas tidak mampu menahanya. Sedangkan puley bagian depan perubahan dimater terjadi berdasarkan gaya sentrifugal (gerakan terlempar keluar). Artinya semakin cepat putaran mesin maka gaya sentrifugal semakin besar sehingga dimater puley juga akan bertambah besar.
Disinilah peran roller untuk memberi tekanan keluar sehingga memungkinkan perubahan pada pulley.
roller matic aus
Kondisi roller pada motor matic ini tentunya akan berpengaruh pada tarikan motor. Untuk itu anda harus rajin mengecek kondisi roller agar motor tetap nyaman dipakai dan tarikannya lebih panjang. Periksa jika kondisi roller sudah aus atau tidak bundar lagi segeralah untuk menggantinya.
Bahan yang digunakan untuk membuat roller ini adalah teflon karena memiliki sifat keras, licin dan tahan terhadap panas. Nah yang perlu diperhatikan uuran roller setiap sepeda motor berbeda-beda, untuk itu simak ukuran roller motor matic berikut ini:

Daftar Berat Roller Motor Matic

Yamaha
  • Nouvo:  11 gram
  • Soul GT: 9,5 gram
  • Mio GT: 9,5 gram
  • Mio J:  9,5  gram
  • Xeon: 10 gram
  • Xeon RC :  9,5 gram
  • Mio Soul:  10,5 gram
  • Mio Fino: 10 gram
  • Mio Sporty:  11 gram (2004-2006) 10,5 gram (2007)

Honda

 

  • BeAT: 9 gram
  • BeAT-FI:  9 gram
  • PCX: 18 gram
  • Vario: 15 gram
  • Vario Techno:  15 gram
Suzuki
  • Hayate: 15 gram
  • nex: 10 gram
  • Skydrive: 15 gram
  • Spin: 12 gram
  • Skywave: 15 gram, 12 gram (2010 ke atas)
Nah setelah mengetahui ukuran atau berat roller motor matic anda, sekarang saatnya melakukan penggantian roller, berikut ini caranya:

Cara Mengganti Roller Motor Matic

  1. Pertama buka dahulu rumah CVT menggunakan kunci T10 dan T8.
  2. Lepas baut pengunci rumah puli dengan menggunakan Kunci sock 17 mm. Agar puli tidak ikut berputar bisa diganjal menggunakan baut 12 cm (liat pada gambar)
  3. Jika baut sudah terlepas, tarik keluar ringnya bersama rumah roller. (perhatikan posisinya, jangan sampai terbalik saat pemasangan)
  4. Lakukan pengecekan terhadap kondisi roller, jika sudah aus maka wajib untuk diganti.
  5. Pasang kembali rumah roller, ring dan baut seperti semula dengan langkah kebalikan saat pelepasan.
Demikianlah tadi cara mengganti roller pada motor matic seperti mio, vario atau beat. Nah dengan penggantian tersebut maka tarikan motor lebih enteng sehingga membuat nyaman untuk berkendara.
Sumber : tipstrickotomotif.blogspot.com
cittaparts.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s