Seperti kita tahu, di Indonesia ini motor sport ada yang dibekali mesin dengan sistem DOHC dan SOHC. Motor sport bermesin DOHC antara lain CBR 250, CBR 150, Ninja 250, Satria F, dan lain-lain. Sedangkan motor sport bermesin SOHC antara lain Vixion, New Megapro, Byson, dan lain-lain.

Terkadang masih ada saja yang berselisih tentang kedua tipe mesin itu. Padahal keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi mari kita bahas tentang dua tipe mesin tersebut yuuukkk …

Agar lebih paham dalam memilih diantara dua sistem pada noken as mesin ini, biar NP beri sedikit keterangan tentang mesin DOHC dan SOHC versi NP.

Mesin SOHC …

Mesin SOHC adalah mesin yang mengandalkan satu buah noken as untuk mengatur buka tutup klep (CMIIW).

Kelebihan mesin SOHC versi NP:

  1. Tenaga lebih mantab pada putaran bawah (RPM bawah)
  2. Torsi biasanya lebih besar
  3. Relatif lebih irit BBM dari pada mesin DOHC (Tapi ini cuman relatif, ada juga SOHC yang boros BBM)
  4. Relatif cocok bagi rider yang suka touring karena torsi besarnya mantab buat jalan stop and go (IMHO).
  5. Relatif lebih murah

Kekurangan mesin SOHC versi NP :

  1. Agak loyo pada putaran RPM tinggi
  2. Nafas gas motor bisa saja lebih pendek dari pada mesin DOHC yang masih sebanding (IMHO,CMIIW)
  3. Top speed bisa saja kalah dengan motor DOHC

Mesin DOHC …

Kali ini bahas mesin DOHC. Mesin ini mengandalkan dua buah noken as untuk mengatur buka tutup klep (CMIIW).

Kelebihan mesin DOHC versi NP :

  1. Mesin galak diputaran atas (RPM atas)
  2. Nafas gas relatif lebih panjang dari pada SOHC
  3. Top speed bisa saja di atas mesin SOHC
  4. Relatif cocok untuk trek yang panjang dan lurus

Kekurangan mesin DOHC versi NP :

  1. Power di RPM bawah kurang mantab/agak loyo
  2. Torsi biasanya lebih kecil dari pada mesin SOHC
  3. Butuh lintasan panjang dan RPM tinggi untuk mendapat power maksimal
  4. Relatif lebih boros
  5. Relatif lebih mahal

Yap inilah sedikit keterangan dari NP. Uda tahu kan kelebihan dan kekurangan kedua tipe mesin motor tersebut ? Lebih suka yang mana ? Yang torsi dan power putaran bawah lebih besar atau yang top speed tinggi dan power putaran atas lebih galak … ?

Sumber : nofgipiston.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s