Bagaimana sih cara merawat motor yang masih baru? Bagi sebagian orang, masih banyak yang belum mengetahui secara benar cara merawat motor. Tentu saja anda tidak ingin kan, motor anda yang masih beberapa hitungan bulan sudah masuk ke bengkel? Sangat di sayangkan sekali apabila hal itu terjadi dikarenakan anda tidak bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Lalu, bagaimana cara merawat motor baru kesayangan anda? Motor termasuk kendaraan roda dua yang paling umum digunakan untuk menemani aktifitas anda sehari-hari, bukan? Maka dari itu, anda pun harus merawat motor kesayangan anda agar nyaman waktu di kendarai kemanapun anda pergi.  Sebenarnya, tidak begitu sulit kok untuk merawatnya.

Langsung saja ya cara merawat motor baru yang benar untuk motor anda:

  1. Jika motor anda masih baru, jangan di gunakan untuk membawa beban yang terlalu berat minimal sampai 500 km. Sebaiknya jalankan motor anda dengan kecepatan yang stabil, agar mesin motor anda tahan sampai waktu jangka panjang.
  2. Manfaatkanlah  gratis service motor dan ganti oli 3 kali jalan. Khusus untuk perawatan motor bermesin 4 langkah, tuangkan sedikit oli ke dalam knalpot, agar knalpot orisinil anda awet dan tidak mudah keropos.
  3. Lakukan perawatan/pengecekan secara berkala (tune up). Sebaiknya lakukan tune up setiap 2 bulan sekali ke bengkel.
  4. Lakukan pemanasan motor sebelum digunakan. Jangan terlalu lama, 5 menit saja sudah cukup. Mengapa hanya 5 menit? Karena apabila lebih dari itu, pipa knalpot akan menguning, serta akan membuang-buang bahan bakar secara percuma.
  5. Rajinlah mencuci motor anda. Hal ini juga berguna agar kerangka dan mesin motor anda tidak mudah berkarat dan keropos.
  6. Hindari paparan sinar matahari, saat memarkir motor anda karena akan mempengaruhi warna anda, bisa jadi warna motor anda akan cepat memudar, kalau bisa di tempat yang teduh bila tidak anda bisa mentupinya dengan mantel untuk melindungi.
  7. Kurangi kecepatan, saat anda mengendarai jangan terlalu cepat karena ini untuk penyesuaian saja, agar rantai anda bisa terus berjalan tanpa ada masalah.
  8. Gunakan bensin yang berkualitas, ini untuk menjaga mesin anda agar kualitas motor terjaga.

Nah itulah tips cara merawat motor baru yang bisa dijadikan pedoman buat anda, sehingga motor anda tetap awet dan tampak mengkilat saat anda bawa di jalan. Jika anda lakukan delapan cara diatas niscaya motor anda tetap memberikan yang terbaik buat anda. Performa yang anda inginkan dari motor anda bisa anda dapatkan jika anda melakukan cara-cara diatas. Karena motor sebenarnya juga membutuhkan hubungan timbal balik dengan empunya. Bagaimana apakah anda sekarang sudah tahu cara merawat motor dengan benar?

http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s