ganti kampas rem depan

 

Fungsi rem terutama rem depat memang sangat penting Bro & Sis, motor sekencang apapun jika tanpa fungsi rem yang mumpuni bisa-bisa nyelonong di tikungan atau bablas sampai ke atap rumah seperti motor ini. Walaupun fungsinya sangat vital sayangnya terkadang ada rider lupa mengganti kampas, rem bahkan dibiarkan begitu saja dengan hanya mengandalkan rem belakang. Sebenarnya mengganti kampas rem tidak begitu sulit bahkan bisa dikatakan gampang banget, caranya ikuti langkah-langkahnya seperti ini :

Pertama siapkan dulu alat-alatnya seperti kunci sock nomor 12 dan obeng min. Buka dua buah baut di pinggir kaliper rem, biasanya kaliper rem ini berwarna kuning emas :

buka 2 baut di kaliper rem depan

Lepaskan kaliper, nah ini dia kampas rem depan yang perlu diganti :

buka kaliper rem depan kampas rem depan

 

Lepaskan kedua kampas rem kiri dan kanan dengan openg min, cungkil sedikit demi sedikit hingga terlepas dan setelah itu pasang kampas rem baru kanan dan kiri.

pasang kampas rem baru

 

Sekarang tinggal pasang lagi kaliper rem seperti semula dan kencangkan kedua baut kaliper. Sudah gitu doang Bro & Sis gampang kan?

Namun ada baiknya bracket kampas rem kita bersihkan dulu, selain itu sering kali cat di bracket ini terkelupas karena panas yang ditimbulkan dari gesekan kampas rem dan piringan cakram. Setelah braket kampas rem dibersihkan dan dikelupas cat yang rusak dan juga diampelas, Bro & Sis bisa mengecat ulang bracket kampas rem biar lebih kinclong dan setelah kering pasang braket kampas rem dan kaliper seperti semula :

bracket rem depansetelah dibuka

 

Oiya, untuk membuka braket kampas rem ini yang sebenarnya agak repot karena biasanya kunci pembukanya berbeda-beda, ada yang harus memakai kunci ‘L” atau kunci “Bintang” :

 

Sayangnya biasanya baut di antara bracket dan dudukannya di shockbreaker depan ini susah dibuka, mungkin penyebabnya karena panas atau memang baut jarang dibuka. Agar lebih mudah baiknya gunakan kunci sock dengan mata kunci L maupun kunci Bintang. Semoga bermanfaat..

Sumber : motorblitz.com

http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/

http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html

http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s