Perawatan berkala sepeda motor seharusnya tidak boleh terlewat, jika kendaraan ingin selalu dalam performa yang apik. Jika terlewat sedikit saja, maka komponen sepeda motor yang seharusnya sudah diganti akan luput dari perhatian, bahkan akan membawa kerugian lebih besar.

Fauzan Rifai, Service Advisor Yamaha Miki Motor Duren Sawit mengatakan, setiap sepeda motor diservis, ada prosedur yang seharusnya dilakukan mekanik. Prosedur tersebut tidak boleh terlewati, karena akan membuat konsumen rugi.

“Itu hak konsumen dan kewajiban kami untuk melayani dengan maksimal. Sehingga masyarakat bisa puas dan sepeda motor bisa digunakan dengan aman dan nyaman, tanpa gangguan pada salah satu komponennya,” ujar Fauzan, Selasa (22/9/2015).

Fauzan menambahkan, sebagai informasi kepada konsumen, dirinya coba memberi tahu tahapan yang seharusnya dilakukan mekanik saat menangani kendaraan yang diservis. Setidaknya ada 22 pemeriksaan saat servis dilakukan.

“Poin-poin tersebut harus selalu dilakukan oleh mekanik, jika mungkin konsumen melihat ada yang sekiranya belum dilakukan, tidak ada salahnya untuk memberi tahu. Khusus untuk sepeda motor injeksi ada tambahan, seperti pemeriksaan sistem injeksi dan mencetak hasilnya, kemudian mengecek indikator Warning Light yang terdapat pada panel indikator,” ujar Rifai.

Berikut 22 prosedur servis Yamaha:

  1. Pemeriksaan suspensi depan dan belakang
  2. Pemeriksaan fungsi kelistrikan
  3. Pemeriksaan gerak bebas kemudi
  4. Pemeriksaan tegangan dan men-charge aki
  5. Pemeriksaan ban depan dan belakang
  6. Penyetelan handle gas
  7. Penyetelan tuas kopling
  8. Pemeriksaan dan penggantian oli mesin
  9. Pemeriksaan roda dan jari-jari
  10. Pemeriksaan kelayakan ban
  11. Pemeriksaan tekanan ban
  12. Pemeriksaan dan penyetelan rantai
  13. Pemeriksaan baut pengikat
  14. Pemeriksaan dan pembersihan saringan udara
  15. Pembersihan karburator jika perlu
  16. Pembersihan filter oli dan diganti jika perlu
  17. Pemeriksaan air radiator
  18. Pemeriksaan busi dan kompresi mesin
  19. Pemeriksaan aliran oli dan peyetelan klep
  20. Pemeriksaan dan penyetelan putaran mesin
  21. Pembersihan saringan CVT (tambahan untuk skutik)
  22. Pemeriksaan oli gear (tambahan untuk skutik)

Sumber : otomania.com

http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/

http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html

http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s